Return to site

Part 5: AkuBelajar.ID Membantu Efisiensi Waktu Pelajar

· Prinsip Pendidikan

Melanjutkan rangkaian artikel kami mengenai prinsip dalam pendidikan yang dicetuskan oleh Chickering dan Gamson dalam "Seven Principles for Good Practice in Undergraduate Education" dan bagaimana ketujuh prinsip tersebutdapat dicapai dan didukung melalui penggunaan sistem manajemen pembelajaran (LMS) AkuBelajar.ID. Bagi Anda yang belum membaca artikel sebelumnya, anda dapat mengakses seluruh rangkaian blog pada halaman ini.

Prinsip 5: Menekankan waktu dalam tugas

Kami akan terus mengacu pada pengalaman classic content, jadi harap diperhatikan bahwa lingkungan Anda mungkin terlihat dan/atau bertindak berbeda jika Anda menggunakan pengalaman new content (juga dikenal sebagai Pelajaran).

Chickering dan Gamson mulai menangani praktik pedagogis ini dengan diskusi tentang pentingnya manajemen waktu yang efektif dalam masyarakat saat ini, yang disebutkan:

“Belajar menggunakan waktu dengan baik sangat penting bagi siswa dan profesional. Siswa membutuhkan bantuan dalam mempelajari manajemen waktu yang efektif. "

Salah satu cara paling sederhana namun paling efektif untuk mendorong keterampilan ini adalah dengan menggunakan AkuBelajar.ID, Anda dapat melakukannya dengan menambahkan widget Kalender ke dasbor sistem! Kemudian siswa akan selalu dapat melihat tugas yang akan datang begitu mereka membuka dasbor pada sistem LMS melalui akunnya.

Memaksimalkan Pembelajaran Untuk Proses Yang Lebih Efektif Dengan Mengatur Tanggal

Menambahkan batasan tanggal ke materi kursus Anda dengan cepat dan mudah melalui AkuBelajar.ID. Dalam modul atau submodul apa pun, pilih Add Dates and Restrictions (untuk topik materi yang sudah ada, Anda harus menggunakan fitur pengedita terlebih dahulu), dan Anda akan diberikan tiga opsi: Start date, Due Date, dan End Date. Mari luangkan waktu sejenak untuk membedakan antara ketiga istilah ini:

  • Start date (tanggal mulai) adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan konten atau penilaian hingga hari tertentu (tentu saja, kuis adalah kasus penggunaan yang penting di sini), tetapi siswa akan mengetahui apa yang akan datang dan kapan. Misalnya, pengajar memilih untuk membagi materi pembelajaran mereka ke dalam blok waktu yang dapat diatur untuk memfasilitasi perencanaan. Mengetahui bahwa pekerjaan untuk Tugas 2 akan tersedia pada tanggal 1 Oktober akan memandu siswa untuk memperkirakan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan Tugas 1.

  • End date (tanggal terakhir)Berhati-hatilah saat memasukkan tanggal akhir, karena tanggal akhir (end date) berarti siswa tidak lagi memiliki akses ke konten/penilaian. Oleh karena itu, kami mendorong transparansi penuh di sini untuk mengurangi kecemasan pelajar. Namun, penggunaan tanggal akhir sebenarnya dapat mendorong siswa untuk merampingkan upaya mereka menuju tugas yang paling mendesak, karena mengetahui bahwa tugas tersebut sensitif terhadap waktu, karena mereka akan "hilang" setelah tanggal akhir yang ditentukan.

  • Due date (tanggal jatuh tempo), secara teknis, tidak berpengaruh pada konten dan tidak pula disembunyikan. Fitur ini adalah pengingat bagi pelajar, sehingga Anda dapat memperlakukannya sebagai pedoman bagi siswa untuk dijadikan acuan dalam perencanaan organisasi mereka.

Memantau Kemajuan Siswa

Selain memantau pencapaian siswa dengan nilai numerik konkret (penilaian pembelajaran), AkuBelajar.ID juga memungkinkan Anda untuk memantau kemajuan siswa saat mereka masih mengerjakan tugas Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengatasi potensi masalah yang dihadapi pelajar sebelum terlambat dan Anda dapat membantu kesuksesan siswa secara keseluruhan dalam jangka panjang.

Saat berada di halaman Table of Content, di dalam menu drop-down related tools, Anda akan menemukan link yang kurang dikenal yang disebut view report yang akan membawa Anda ke halaman rinci berjudul Statistics (Anda dapat dengan mudah mengekspor angka-angka ini ke dalam CSV mengajukan untuk tujuan pelaporan). Di sini, Anda dapat menelusuri detail penting menurut konten atau pengguna, menunjukkan dengan tepat topik konten mana yang telah diakses siswa dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan. Dalam hal mendorong siswa untuk mengalokasikan jumlah waktu yang realistis untuk pembelajaran mereka, statistik konten ini memberikan pandangan luas yang fantastis yang memungkinkan pengajar untuk mengawasi di mana siswa menghabiskan waktu mereka. Kemudian Anda dapat memilih untuk menjangkau secara individu atau menyeluruh jika diperlukan, berdasarkan bagaimana angka-angka pada statistik ini dibandingkan dengan ekspektasi Anda sendiri.

Alat lain yang berguna untuk memantau pencapaian siswa adalah alat Class Progress, di mana Anda dapat dengan mudah mengetahui bagaimana setiap siswa mengalami kemajuan dalam berbagai indikator (untuk beberapa di antaranya: penyelesaian konten, pengiriman tugas, nilai, partisipasi diskusi, dan kursus mengakses). Sembunyikan atau tampilkan salah satu indikator ini di menu Settings, dan jangan lupa untuk mengeklik tombol print saat siswa ingin mendiskusikan kinerjanya di jam kerja Anda nanti! Ingatlah bahwa siswa sendiri dapat mengakses halaman kemajuan mereka sendiri kapan saja dengan mengklik Progress di bawah nama mereka di bilah navigasi, hal ini tentunya dapat memberikan transparansi penuh selama proses belajar siswa.

Ilustrasi (c) Canva.com