Return to site

Part 4: AkuBelajar.ID Memudahkan Pengajar Dalam Memberikan Umpan Balik Kepada Siswa

· Prinsip Pendidikan

Pada artikel kami kali ini, kami akan melanjutkan eksplorasi kami tentang bagaimana “Seven Principles For Good Practice in Undergraduate Education” dari Chickering dan Gamson dapat dicapai dan didukung melalui penggunaan sistem manajemen pembelajaran (LMS) AkueBelajar.ID. Anda juga dapat membaca versi lengkap dari seluruh rangkaian artikel ini di sini.

Prinsip 4: Berikan umpan balik (feedback) yang cepat

Tidaklah mengherankan bahwa umpan balik yang jelas, cepat dan bermakna adalah cara paling efektif untuk membimbing siswa merefleksikan materi yang telah mereka pahami dan mengenali area yang dapat mereka tingkatkan. Dalam hal pembelajaran online, umpan balik dapat memainkan peran yang lebih penting lagi, karena umpan balik juga berfungsi sebagai cara yang diperlukan untuk membina hubungan antara pengajar dan mahasiswa. Mari kita mulai dengan menjelajahi bagaimana sistem AkuBelajar.ID memberikan tempat bagi siswa untuk dapat mengirimkan tugasnya dan Anda dapat berbagi masukan dengan berbagai cara yang membahas berbagai metode belajar:

  • Gunakan bilah alat Anotasi untuk menambahkan teks, highlight dan banyak fitur markup lainnya langsung ke halaman tugas untuk siswa (sementara LMS AkuBelajar.ID secara otomatis mengubah format apa pun menjadi file PDF untuk fitur ini!)

  • Berikan komentar deskriptif di bawah tugas, Anda dapat memberikan saran yang berguna untuk perbaikan dan/atau catatan ucapan selamat atau dengan menggunakan Editor HTML untuk menyertakan tautan cepat dinamis ke bagian tertentu dari konten yang disarankan (cari ikon link (rantai))

  • Tambahkan lampiran file untuk menampilkan contoh atau sumber daya tambahan untuk digunakan oleh siswa

  • Merekam umpan balik kepada pelajar dalam format video yang dapat berdurasi hingga tiga menit, atau umpan balik berupa audio yang dapat Anda gunakan dengan durasi hingga satu menit untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan komentar untuk pelajar dengan cara yang lebih efisien

  • Anda dapat menyematkan video langsung pada content

  • Pilih kriteria keberhasilan yang sesuai, yang dapat menyertakan umpan balik khusus untuk setiap pelajar secara personal/individu

  • Memberikan skor numerik, yang secara otomatis akan dimasukkan ke alat Nilai jika Anda telah melampirkan tugas tersebut pada sistem untuk penilaian

Yang tak kalah penting juga dalam menggunakan sistem LMS AkuBelajar.ID, Anda dapat melihat waktu dalam daftar kiriman yang dikirimkan oleh pelajar untuk menunjukkan waktu dengan tepat kapan pelajar mengirimkan/mengumpulkan tugasnya, fitur ini tentu akan menghilangkan semua spekulasi/ketidakjujuran pelajar yang terkadang dilakukan untuk menghindari sanksi! Anda juga dapat menyimpan content sebelum dikirim melalui fitur “draft”, sehingga Anda dapat memublikasikan semua umpan balik secara bersamaan setelah semuanya selesai dinilai.

Bisakah Anda mendengar saya sekarang?

Seperti disebutkan di atas, fitur “task” pada sistem LMS kami, Anda dapat merekam umpan balik dalam format audio hingga satu menit sebagai pengganti, atau sebagai tambahan, komentar tertulis. Leibold dan Schwarz menjelaskan bahwa siswa mendapatkan lebih banyak kejelasan dari umpan balik audio daripada dari umpan balik tertulis; studi bahkan menunjukkan peningkatan perkembangan kognitif dan kepuasan lebih dari pengajar ketika siswa menerima audio dan umpan balik tertulis. Mereka menyoroti:

"Penggunaan umpan balik audio adalah cara yang efektif dan menghemat waktu untuk memberikan umpan balik bagi pelajar online”.

Selain itu, beberapa pelajar bahkan merasa mendengarkan suara instruktur mereka sangat memotivasi! Alat Tugas dan Diskusi kami juga menyertakan opsi untuk membuat video yang dapat disematkan pada Brightspace (dengan durasi hingga tiga menit) menggunakan alat Video Note. Menurut Leibold dan Schwarz,

"Rekaman video untuk umpan balik untuk pelajar adalah penghemat waktu dan memberikan pesan yang jelas dan dapat dipersonalisasi untuk pelajar yang mencakup komunikasi non-verbal".

Bagaimana dengan Kuis?

Tentu saja, kami tidak dapat mendiskusikan penilaian dan masukan tanpa menyebutkan fitur Kuis yang kami miliki. Tahukah Anda, bahwa Anda dapat mengaktifkan penandaan saat menilai pertanyaan Tanggapan Tertulis, untuk menghindari bias yang tidak disadari? Selain itu, Anda dapat mengatur “Submission View” unik yang hanya akan muncul pada tanggal/waktu tertentu (klik menu "Add Additional View"), di mana Anda dapat menyesuaikan dengan tepat masukan apa yang akan dilihat siswa pada saat itu. Anda dapat memilih dari beberapa opsi seperti pertanyaan yang dijawab dengan benar/salah, dengan/tanpa jawaban siswa, semua jawaban yang benar, skor pertanyaan, skor ujian, rata-rata kelas, distribusi skor, dan banyak lagi! Anda juga dapat mengatasi masalah privasi lebih jauh dengan membatasi jumlah waktu siswa untuk dapat mengakses “submission view” serta mengharuskan mereka berada di jaringan tertentu untuk mengakses halaman ini.

Evaluasi Dengan Cepat

Terakhir, pada topik umpan balik, izinkan kami untuk menyoroti salah satu alat terbaru yang ditawarkan AkuBelajar.ID: “Quick Eval”. Akses Quick Eval dari bilah navigasi mana saja untuk melihat daftar penilaian yang tidak dinilai (Tugas, Kuis, Diskusi) di semua pembelajaran yang Anda ajarkan! Anda juga dapat menyaring daftar ini berdasarkan tanggal pengiriman (sangat berguna untuk penilaian berdasarkan "siapa cepat"), nama siswa, jenis penilaian (klik pada tab "Activity"), dan banyak lagi. Hemat waktu Anda dengan segera memberikan umpan balik melalui pusat penilaian yang nyaman ini.

Ilustrasi (c) Canva.com