Return to site

PART 1: Tujuh Prinsip untuk Praktik yang Baik dalam Pendidikan

· Prinsip Pendidikan,e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Prinsip pendidikan yang dicetus oleh Chickering dan Gamson dalam "Seven Principles for Good Practice in Undergraduate Education" (1987) adalah kerangka kerja yang memuat hal-hal tentang kualitas bahan pembelajaran yang telah dievaluasi secara informal selama beberapa dekade. Mengingat peningkatan ruang belajar online dan blended learning saat ini, serta tren ke arah model penyampaian asynchronous, kami akan membahas bagaimana platform Brightspace dapat digunakan untuk membantu mencapai dan mendukung tujuh prinsip praktik yang baik seperti yang disebutkan pada buku tersebut.

Prinsip 1: Mendorong kontak antara pelajar dan pengajar

Tidaklah mengherankan jika kehadiran instruktur yang tepat dapat menginspirasi pelajar dan mengurangi kecemasan peserta didik. Puzziferro dan Shelton menjelaskan pentingnya kontak dan komunikasi yang intens dalam mendukung motivasi dan keterlibatan pelajar secara keseluruhan dalam pembelajaran.

Kontak menumbuhkan akuntabilitas dan akuntabilitas adalah inti dari kualitas” [1].

Pada artikel kali ini akan membahas notification dan activity feed, dimana dua alat komunikasi initerdapat pada sistem LMS AkuBelajar.ID. Kedua alat ini akan memungkinkan komunikasi antara lembaga dan Pelajar secara spontan dan proaktif.

Komunikasi antara lembaga dan Pelajar

Alat notifikasi pada AkuBelajar.ID memungkinkan Anda menjangkau pelajar dengan cepat tanpa harus meninggalkan halaman pembelajaran. Dengan alat ini, pelajar akan selalu diberi tahu semua hal tentang tenggat waktu atau pembatalan yang akan datang dan dengan sumber daya yang cepat, pembelajaran singkat, atau mengirimkan pesan penyemangat bagi pelajar. Karena AkuBelajar.ID memberi Anda satu lokasi terpusat yang akan diketahui pelajar untuk berkonsultasi, mirip dengan papan buletin kelas fisik. Pelajar bahkan dapat menyesuaikan notifikasi mereka untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, seperti apakah mereka lebih suka menerima email atau pesan teks, atau cukup masuk saat mereka siap untuk melihat pengumuman baru, semua bisa dilakukan oleh pelajar itu sendiri

Ketika instruksi asinkron diterapkan, tentu saja ada serangkaian tantangan baru. Misalnya:

1. Pemahaman pelajar dengan kecepatan yang berbeda

Pelajar mungkin menerima konten dengan kecepatan berbeda. Untuk memaksimalkan efisiensi, gunakan notifikasi ini untuk berkomunikasi dan mengizinkan pelajar untuk melihat pengumuman beberapa kali dan sesuai keinginan mereka.

Alternatifnya, dengan activity feed, melalui alat ini Anda tidak hanya dapat menyampaikan informasi kepada semua pelajar, Anda juga dapat membangun hubungan baik dan meningkatkan keterlibatan dengan mengizinkan mereka untuk mengomentari pesan Anda! Gunakan fitur activity feed untuk menjawab pertanyaan pelajar sekali, untuk dilihat semua orang, sehingga Anda tidak perlu lagi mengirimkan beberapa email individu dengan tanggapan serupa.

2. Mencapai komunikasi yang dipersonalisasi

Hutchins menyarankan bahwa

"Instruktur yang sering menyebut pelajar dengan nama, berhasil membangun hubungan dengan pelajar dan sering memotivasi kontak di masa depan (Prinsip # 1)" [2].

Anda sebenarnya dapat menjembatani kesenjangan ini dengan mudah melalui AkuBelajar.ID dengan menggunakan Replace Strings pada pengumuman yang Anda lakukan, sehingga setiap pelajar melihat namanya sendiri ditampilkan di judul atau konten pesan.

Komunikasi dengan rekan/pelajar

Activity feed adalah salah satu alat paling efektif pada AkuBelajar untuk memungkinkan kolaborasi antar-rekan/pelajar karena Anda dapat memberdayakan pelajar untuk membuat pesan mereka sendiri. Karena itu, mereka dapat berbagi sumber daya satu sama lain, meluncurkan diskusi seputar topik pembelajaran dan terlibat dalam pembelajaran.

Nah inilah prinsip pertama yang dapat dimaksimalkan oleh pengajar dengan menggunakan AkuBelajar.ID sebagai bagian dari pembelajaran. Jangan lupa untuk mengikuti blog kami, karena kami akan melanjutkan prinsip-prinsip selanjutnya.